Rabu, 21 November 2007

Virus Lokal Mengganas di 2008

Jakarta - Virus lokal diperkirakan akan mendominasi penyebaran virus di Indonesia tahun 2008. Ancaman yang dihasilkan pun diprediksi bakal semakin ganas.

Alfons Tanudjaya, spesialis antivirus dari Vaksincom mengatakan, regenerasi dari virus lokal rontokbro akan banyak bermunculan di tahun 2008 dan menduduki peringkat pertama. "Dominasinya bisa mencapai 60 persen," ujarnya kepada detikINET di sela-sela acara seminar 'Serangan Malware 2007, Trend 2008 dan Antisipasinya', Rabu (21/11/2007).

Disusul virus yang memanfaatkan layanan instant messenger di peringkat kedua. Virus ini diprediksi juga akan mengganas di 2008 dan menelurkan variannya yang lebih banyak. Teknik rekayasa sosial virus messenger adalah dengan mengirimkan link yang apabila di-klik akan mengarahkan pengguna ke sebuah situs palsu yang mirip dengan situs resmi. Situs tersebut mencuri data login pengguna seperti username dan password. Kegiatan pencurian data itu dikenal juga dengan sebutan Phishing.

Ancaman worm nangkring di peringkat tiga, dimana eksploitasi pada pada sistem operasi Windows diperkirakan akan lebih menurun. Serangan pada celah keamanan justru akan ditujukan pada aplikasi populer seperti Adobe, Firefox, Winzip dan Thunderbird.Ancaman Spyware, di tahun 2008, akan berada di peringkat empat. Infeksi spyware akan semakin merajalela. Hal ni disebabkan adanya peningkatan koneksi internet dan jumlah pengguna browser di Indonesia.

Salah satu yang menjadi sasaran tembak virus pada tahun 2008 termasuk Windows Vista. Virus yang mampu menembus Vista hanya masalah waktu dan diperkirakan akan muncul tahun depan. Meski Microsoft telah melakukan berbagai perbaikan pada Vista, seperti menghadirkan fitur keamanan Windows Defender, hal ini tidak selalu dapat menghentikan infeksi virus walau sudah di-update dengan patch terbaru. Untuk itu, pengguna Vista diimbau untuk tidak terlena dan menerapkan kebiasaan berinternet yang baik, seperti memasang software anti virus dan anti spyware.

Tren ancaman lain yang perlu diwaspadai pada 2008 adalah spam dan ancaman keamanan transaksi keuangan. Spammer akan lebih giat dan cerdik, pengguna e-mail akan menjadi korban pertempuran spammer dengan Blacklist company. Berikut daftar ancaman virus pada tahun 2008 berdasarkan peringkat menurut Vaksincom:
  1. Virus lokal
  2. Virus Messenger
  3. Worm
  4. Spyware
  5. Spam
  6. Keamanan transaksi keuangan
  7. Windows Vista


0 komentar:

Copyright © 2015 Flash Info On Blog